Pengaruh Model Challenge Based Learning (CBL) Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Geografi SMA

Authors

  • Athalla Verdiansyah Prawira Negara Universitas Jember
  • Yushardi Universitas Jember
  • Fahmi Arif Kurnianto Universitas Jember
  • Sri Astutik Universitas Jember
  • Ana Susiati Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i2.48010

Keywords:

Geografi, Challenge Based Learning, Berpikir Kreatif

Abstract

Dunia pada abad ke-21 saat ini berada di era industri 4.0 dimana siswa harus dibekali diri dengan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berkomunikasi. Pembelajaran geografi hingga saat ini masih cenderung pada ranah kognitif saja, pemanfaatan media pembelajaran variatif yang belum dimaksimalkan oleh guru, kegiatan belajar mengajar yang hanya menjalankan objek materi saja serta model pembelajaran yang dimanfaatkan tidak membimbing mengakibatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA masih rendah. Tuujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model Challenge Based Learning (CBL) terhadap berpikir kreatif siswa geografi SMA. Metode yang dipilih ialah penelitian eksperimen semu serta desain penelitian post-test only control design. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) memiliki nilai rata-rata post-test keterampilan berpikir kreatif yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 87 sedangkan kelas kontrol 81,50. Berdasarkan nilai Independent Sample T-test yang kurang dari (>) 0,05 dengan kesimpulan penerapan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL)  berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutik, S., Kamilasari, N. W., & Nuraini, L. (2019). Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Berbasis SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fisika. FKIP e-PROCEEDING, 4(1), 207-213.

Fairazatunnisa., Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2656-8063-2656-8071.

Hardani, H. Andriani, R. A. Fardani, J. Ustiawaty, E. F. Utami, D. J. Sukmana, & R. R. Istiqomah, N. H. Auliya. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Johnson, L. F; Smith, R. S; Troy, J.; Varon, R. K (2009). Challenge-Based Learning: An Approach for Our Time. Austin. Texas: The New Media Consortium.

Kaniawati, D. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Listrik Arus Searah. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, 10(2), 0854-2172.

Kurnianto, F. A., Ikhsan, F. A., Apriyanto, B., Nurdin, E. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share Ditinjau dari Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pelndidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Solsial, 11(2), 1-7

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).

Mukarromah, M., Budijanto., & Utomo, H. D. (2020). Pengaruh Model Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 2502-471X.

Nahdiah, A., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Google Meet Terhadap Kemampuan Berpikir kreatif Siswa. JurnaL Basicedu, 5(4), 2377-2388

Prayoga, E. B., Kurnianto, F. A., Susianti, A., Astutik, S., & Mujib, M. A. 2024. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok Terhadap Kemampuan Literasi Geografi Siswa SMA. Majalah Pembelajarn Geografi, 6(2), 262-269

Raivoa., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Model Challenge Based Learning Bernuansa STEM Terintegrasi Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. PRISMA: Jurnal Universitas Negeri Semarang. 457-464.

Sardi, A., Palimari., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), 1(2), 2828-0849-2828-5476

Suratno, S., Wahono, B., Chang, C. Y., Retnowati, A., & Yushardi, Y. (2020). Exploring a Direct Relationship between Students’ Problem-Solving Abilities and Academic Achievement: A STEM Education at a Coffee Plantation Area. Journal of Turkish Science Education, 17(2), 211–224.

Downloads

Published

2024-12-01