Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Instagram Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sma

Authors

  • Khoir Irur Rosyid Pendidikan geografi
  • Sri Astutik
  • Era Iswara Pangastuti
  • Fahmi Arif Kurnianto
  • Ana Susuati

Keywords:

Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Media Pembelajaran Aplikasi Intagram.

Abstract

Penerapan media pembelajaran aplikasi instagram mendorong siswa untuk eksplorasi dan
menemukan pemahaman mereka sendiri, tetapi tetap dengan bimbingan dari guru. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain post-test only control
group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test keterampilan
berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis
menggunakan Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Signifikansi sebesar ,028.
Selanjutnya, nilai rata-rata post-test hasil belajar pada kelas eksperimen juga lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai Signifikansi sebesar ,019 berdasarkan
perhitungan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media pembelajaran aplikasi instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap
keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada kelas eksperimen, sebagaimana
ditunjukkan oleh nilai Independent Sample T-Test yang kurang dari 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksana, S. K. L. (2022). Perlindungan Terhadap Nasabah Kasus : Pembobolan Kartu Kredit
Dengan Sistem Elektronik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
Ailifaini, S., & Sumpionio, I. (2023). Piengairuh Pienieraipain Mietiodie Piembielaijairain iE-Lieairning
Bierbaintuain Miediai Siosiail Instaigraim Tierhaidaip Haisil Bielaijair. Unnies Physics iEducaitiion
Jiournail, 12(2), 110–117.
Aimbairsairi, Z. (2020). Pienggunaiain Instaigraim Siebaigai Miediai Piembielaijairain Baihaisai Dain
Saistrai Indioniesiai Paidai iErai 4.0. Priosiding Sieminair Naisiionail Pbsi-Iii Taihun 2020, 6(1)
Astutik, S., & Mahardika, I. K. (2020). HOTS student worksheet to identificaltion of scientific
crealtivity skill, criticall thinking skill alnd crealtive thinking skill in physics lealrning.
InJournall of Physics: Conference Series(Vol. 1465, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.
Ifa, H., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. (2023). Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Majalah Pembelajaran
Geografi, 6(1), 88-104.
Isnaini, M., Zulkairnain, Z., Islaihudin, I., Utaimi, L. S., & Ainwair, K. (2022). Piengairuh Miediai
Instaigraim #Physics In My Livie Miodiel Bliendied Lieairning Paidai Piembielaijairain Fisikai
Tierhaidaip Kietieraimpilain Bierpikir “Z Gienieraitiion.” iOrbitai: Jurnail Kaijiain, Iniovaisi Dain
Aiplikaisi Piendidikain Fisikai, 8(1).
Kurniawan, A., Yushardi, Y., Susiati, A., Kurnianto, F. A., & Pangastuti, E. I. (2023). Pengaruh
Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan
Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa
SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(2), 186-200.
Khaisainai, V. Ai., Sietiyaiwain, H., & Diesiningrum, N. (2020). Piengairuh Aiplikaisi Instaigraim
Tierhaidaip Haisil Bielaijair Siswai Kielais V Maitai Pielaijairain Maitiemaitikai Maitieri Violumie
Baingun Ruaing Di Sdn Baikung Tiemienggungain Bailiongbiendio Sidioairjio. Child iEducaitiion
Jiournail, 2(2).
Mairtairini, N. M. L., Yuliainti, K. Ai. R., & Saistaipairaimithai, N. N. Ai. J. (2021). Miediai Siosiail Dain
Piembielaijairain: Study iEfiektifitais Instaigraim Dailaim Piembielaijairain Baihaisai Inggris. Jurnail
iOniomai: Piendidikain, Baihaisai, Dain Saistrai, 7(2), 375–382.
Ningsih, W. I., Muchtair, I., & Raihaiyu. (2014). Pieningkaitain Aiktivitais Dain Haisil Bielaijair Siswai
Mielailui Pienieraipain Straitiegibielaijair Pq4r (Prieviiew, Quiestiion, Rieaid, Riefliect, Riecitie,
Rieviiew) Dailaimpiembielaijairain Pkn Piokiok Baihaisain iOrgainisaisi Kielais Vai Di Sdn Jiembier
Kidul 04. Airtikiel Ilmiaih Siswai, 1(1), 1–5
Noviantoro, K. M. (2011). Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata
pelajaran geografi SMA kelas X semester II untuk topik hidrosfer.
Piertiwi, N. P. N., & Waihyudi. (2022). Piengairuh Pienggunaiain Miediai Piembielaijairain Scraipbioiok
Untuk Mieningkaitkain Haisil Bielaijair Ipai Piesiertai Didik Kielais Iv Siekiolaih Daisair. Caixrai:
Jurnail Piendidikain Siekiolaih Daisair, 2(1), 36–42.
Putri, I. S., Utiomio, B. B., & Aitmaijai, T. S. (2019). Piengairuh Instaigraim Tierhaidaip Haisil Bielaijair
Siswai Kielais X Paidai Maitai Pielaijairain Ppkn Smain Piontiainaik. Jurnail Piendidikain Dain
Piembielaijairain Khaitulistiwai (Jppk), 8(3).
Rizqiyah, S., Astutik, S., Apriyanto, B., Pangastuti, E. I., & Nurdin, E. A. (2023). Pengaruh
Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Majalah
Pembelajaran Geografi, 6(1), 1-9.
Sugiairtai, I. M., Mairdainai, I. B. P., Aidiairtai, Ai., & Airtainaiyaisai, W. (2019). Filsaifait Piendidikain
Ki Haijair Diewaintairai (Tiokioh Timur). Jurnail Filsaifait Indioniesiai, 2(3).

Downloads

Published

2025-05-07