Pengaruh Model Pembelajaran Reqol Berbasis Media Realia Terhadap Keterampilan Kolaboratif

Authors

  • Dika Humairah Cahyani Universitas Jember
  • Fahmi Arif Kurnianto
  • Era Iswara Pangastuti
  • Bejo Apriyanto
  • Sri Astutik

DOI:

https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i2.49263

Keywords:

Real Quest Outdoor Learning (ReQOL); Media Realia; Keterampilan Kolaboratif Siswa

Abstract

Saat ini pendidikan menghadapi tantangan zaman pengetahuan yang menuntut berbagai keterampilan, salah satu tantangan ini tercermin dalam kurikulum 2013. Pendidikan pada masa kini menekankan pada pendekatan ilmiah yang melibatkan observasi, tanya jawab, penalaran, eksperimen, dan pembentukan jaringan sosial. Model pembelajaran kolaboratif dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan kerjasama antar siswa yang menitikberatkan pada gagasan melalui upaya bersama melalui komunikasi yang efektif. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh model ReQOL (Real Quest Outdoor Learning) terhadap keterampilan kolaboratif siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen menggunakan post-test only control group design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan kolaborasi afektif di kelas eksperimen mencapai 82,93 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 79,83. Uji hipotesis penelitian menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan nilai signifikansi 0,009 lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu penggunaan model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) berbasis media realia maket memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan kolaboratif siswa geografi siswa di MAN 2 Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah,N.F. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Jurnal Tadrib UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 1 (1).

Astutik, S., Mahardika, I. K., Supeno, Indrawati, & Sugianto, F. (2020). Development of reqol (real quest outdoor learning) learning model to improve critical thinking skills (criticall thinking skill) in physics education. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1).

Dewi, N. K. N. S., Astawan, I. G., & Margunayasa, I. G. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 294–302.

Noviantoro, K. M., Kurnianto, F. A., & Apriyanto, B. (2023). Analisis Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran Geografi di SMA Zaha 1 Genggong. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 218-225.

Nukak, S. K., Rayer, D. J. J., & Maramis, A. A. (2021, July). Project Based Learning (PjBL) integrated with realia media towards learning outcomes on students’ creativity and learning interest in classification of living things at SMA Negeri 3 Tondano. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1968, No. 1, p. 012005). IOP Publishing.

Nur, S., & Taim, M. A. S. (2023). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 82-89.

Nurmayasari, K. V., Pantiwati, Y., Wahyuni, S., Susetyarini, E. R., & Hindun, I. (2022). Studi kemampuan kolaborasi siswa dalam pembuatan herbarium materi klasifikasi makhluk hidup. Jurnal Education and Development, 10(2), 246–25.

Pebriani, S. I., Nur, S., Ilyas, H., & Bachtiar, M. Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Geometri pada Anak Kelompok A di TK Islam Al-Furqan Minasa Upa Makassar. 7, 17594–17600.

Qureshi, M. A., Khaskheli, A., Qureshi, J. A., Raza, S. A., & Yousufi, S. Q. (2023). Factors affecting students’ learning performance through collaborative learning and engagement. Interactive Learning Environments, 31(4), 2371-2391.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rusmin Husain. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar pascasarjana universitas gorontalo.

Sari, A. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Realia pada Siswa Kelas 2 SD. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 52–58.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2019). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260.

Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090–209.

Sugiharti,S.Pd. (2018). Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas 1 SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun

Syarif, H. (2022). Studi Penggunaan Media Pembelajaran Maket Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(1).

Uhlenwinkel, A., Béneker, T., Bladh, G., Tani, S., Lambert, D., Uhlenwinkel, A., Béneker, T., Bladh, G., Tani, S., & Lambert, D. (2020). GeoCapabilities and curriculum leadership : balancing the priorities of aim-based and knowledge- led curriculum thinking in schools. 2046(August 2019).
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130.

Widawati, D. A., Suroso, & Suharini, E. (2020). Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Discovery Learning. Edu Geography, 8(1), 18–23.

Downloads

Published

2024-12-01