Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Reality (VR) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA
Keywords:
Virtual Reality, Berpikir SpasialAbstract
Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan bantuan kepada guru dalam memperjelas materi pelajaran dan mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, termasuk penggunaan Virtual Realitiy dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemamluan berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media pembelajaran Virtual Reality terhadap kemampuan Berpikir spasial siswa. Desain penelitian yang dikenal dengan Matching Pretest- Posttest Control Group Design ini menunjukkan bahwa bahan eksperimen menjadi penelitian apabila memenuhi syarat perlakuan, yaitu menerima observasi dari individu yang tidak terlibat dalam eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI IPS 2 dan IPS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran VR berdampak berfikir spasial yang akan mendapatkan nilai signifikan pada siswa. Mereka memperoleh Nilai signifikansi 2-tailed (dwi- pihak) dengan asumsi varian yang sama. di bawah 0,05, atau kemampuan berpikir spasial 0,001
Downloads
References
Asnawir, dan Usman B. 2012. Media Pembelajaran, Ciputat Pers, Jakarta Selatan,
Astutik, S., S,Sista, S. . W., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 10-21.
Asyhar, R. 2017. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Azuma, R. 2019. Tracking in unprepared environments for augmented reality systems.
Azuma. R. 2019. A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments vol. 6 (4) 355-385.
Bintarto, R. 2017. Pengantar Geografi Kota, Yogyakarta: Spring.
Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 1-9.
Computers & Graphics vol. 23 (6) 787-793.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera.
Debora Eflina Purba dan Ali Nina Liche Seniati, 2015, Pengaruh Kepribadian dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenzhip Behavior, Makara, Sosial Humaniora, Vol 8, No 3, Desember 2015, Hal 105-111.
Edukasi Interaktif.†Jurnal Barik 4 (1): 37–51.
Endarto, I, and Martadi. 2022. “Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media.
Herlangga, K. G. 2016. Virtual Reality dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Hoff, B R. A. 2020. Autocalibration of an Electronic Compass in an Outdoor Augmented
Hujair. AH. S. 2017. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dirpantara.
Ikhsan. 2018. Kajian Wilayah dalam Pelajaran Geografi. Surabaya: Sumber Ilmu Press.
Indriana. 2021. Pembelajaran Geografi; untuk Hari ini dan esok. Jogjakarta: Graha Pustaka Media.
Krueger, M. 2017. Artificial Reality. NY: Addison-Wesley.
Kurnianto, F. A., Elfiani, V., & Alfani, A. F. 2021. Analisis Spasial Kerentanan Banjir dan Longsor di Kabupaten Banyuwangi. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 6(1), 49-60.
Kustnadi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2017. Media Pembelajaran Manual Digital Edisi Kedua. Bogor: Galia Indonesia
Levie, W. H. and Lentz, R. 2017, Effects of text illustrations: a review of research. Educational Communication and Technology Journal, 30: 195-232
MEDIA.
Metoyer, S dan Bednarz, R. 2017. Spatial Thinking Assits Geographic Thinking: Evidence from a Study Exploring the Effect of Geospatial Technology. Journal of Geography. 116 (1), 20-33
Muhali, M. 2019. Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan. Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25-50.
Muhson, A. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.†Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 8 No 2 Tahun 2014. Ha 1-10.
Munadi, Y. 2017. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi. Parjito. 2015. Visi Pendidikan Geografi Abad 21. Prosiding Seminar Nasional P3GI. Rudi, S., C, Riyana. 2018. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Reality System. Proc. Int’l Symp. Augmented Reality 2000 (ISAR’00). pp. 159-164.
Sarno, E. .2017. From Spatial Intelligence to Spatial Competences : The Result Of Appliaed Geo-Research in Italian Schools. Jurnal Review of International Geographical Education Online © RIGEO Vol. 2, No. 2, Summer 2012
Sudarmilah, E. F, R. Nugroho, L. E. and Susanto, A. 2013. Tech review: Game platform for upgrading counting ability on Preschool Children. Prosidingon The 5th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (lCITEE 2013).
Sudjana, N. 2019. Dasar - dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sukmadinata, N. S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Sumarmi. 2017. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media. Publising. Suprihatiningrum, J. 2017. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR RUZZ
Tanzeh. 2019. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Vallino, J. R. April 2018. Interactive Augmented Reality. Rochester, New York: University of Rochester. hlm. 6–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bagus Sukma Pradana Putra, Fahmi Arif Kurnianto, Ana Susiati, Sri Astutik, Muhammad Asyroful Mujib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.