PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA GEOHEPI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.49914Keywords:
Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Geografi, Model Pembelajaran Treffinger, Media GeohepiAbstract
Pembelajaran geografi saat ini masih berfokus pada satu sumber belajar dan model pembelajaran yang digunakan belum maksimal dalam mempengaruhi kemampuan pola pikir kreatif dan hasil belajar siswa sehingga diberikan solusi menggunakan model pembelajaran treffinger dengan bantuan media geohepi. Tujuan penelitiaan diharapkan adanya pengaruh yang signifikan dari model treffinger berbantuan media geohepi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Hasil posttest kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan media geohepi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi pada kelas eksperimen yang diberikan perlakukan diketahui nilai uji Independent Sample T-test dibawah (< 0,05).
Downloads
References
Aisyah, S., Riyanto, Y., & Suhanadji, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 1-10.
Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236-248.
Astutik, S., Lesmono, A. D., & Adani, D. A. L. (2019). Pengaruh model collaborative creativity (CC) terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar fisika siswa di SMA. Saintifika, 21(1), 9-22.
Dewi, S. H. (2020, November). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional
Hasriyanti, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. LaGeografia, 18(1), 36-42.
Ifa, H., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 88-104.
Indrawati, F. (2019). Analisis model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan komunikasi matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Koesnandar, A. (2020). Pengembangan model pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sesuai kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33-61.
Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Treffinger terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. MUSAMUS Journal of Primay Education, 2(2), 130-139.
Lasaiba, M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 2 Ambon. GEOFORUM, 1(1), 20-30.
Malini, I., Lestariningsih, N., & Nirmalasari, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Gambar terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(2), 109-119.
Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, M., & Fikri, M. J. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Pada Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 19(1), 113-127.
Nury, N., Munawaroh, F., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning denan menggunakan Strategi Poster Session terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Natural Science Education Research, 2(1), 25-32.
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97.
Ridhiyani, S., & Masyhuri, M. (2022). Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa dan Pengaruhnya terhadap Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 470-476.
Rizqiyah, S., Astutik, S., Apriyanto, B., Pangastuti, E. I., & Nurdin, E. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 1-9.
Tsabitah, N., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guruterhadap Kualitas Pembelajaran di Raudhatul Athfal Tangerang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 10-22.
Yuliyanti, A. D., Sriyanto, S., & Putro, S. (2022). Efektivitas Geohepi Sebagai Media Pembelajaran Geografi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 13 Kabupaten Tangerang. Edu Geography, 10(3), 1-9.
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285-293.
Zamroh, M. R. A., Suharini, E., & Aji, A. (2022). Penggunaan Website Geohepi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Selama Masa Pandemi Covid-19. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 10(1), 43-54
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindy Nurul Amalia, Sri Astutik, Fahmi Arif Kurnianto, Era Iswara Pangastuti, Muhammad Asyroful Mujib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.