PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU PADA SUB MATERI BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN

Authors

  • Titania Adensya Pendidikan Geografi Universitas Jember
  • Sri Astutik
  • Ana Susiati
  • Bejo Apriyanto
  • Elan Artono Nurdin

DOI:

https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.50203

Keywords:

Assemblr EDU, Bumi Sebagai Ruang Kehidupan, Media Pembelajaran

Abstract

Permasalahan saat proses pembelajaran geografi yaitu media pembelajaran beracuan pada buku paket geografi dan powerpoint (PPT) pembelajaran belum berbasis pada teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Assemblr EDU dan mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berbasis aplikasi Assemblr EDU. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Hasil perolehan dari ahli materi mendapatkan skor 94%, ahli media hasil validasi mendapatkan skor 96%, praktisi pembelajaran yakni mendapatkan skor sejumlah 72%. Berdasarkan hasil uji coba respon siswa pada kelompok kecil memperoleh 80% sedangkan kelompok besar  menunjukkan bahwa media pembelajaran Assemblr EDU layak digunakan dengan total skor 88% masuk dalam kategori “sangat layakâ€. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli dan respon siswa dapat disimpulkan bawa media pembelajaran Assemblr EDU dapat menarik perhatian siswa dengan suasana baru bagi siswa yang memanfaatkan teknologi AR sehingga siswa dapat lebih memperhatikan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Z., Ahmad, H., & Rahman, Z. A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 514-521.

Apriyanto, B., Mujib, M. A., Noviantoro, K. M., Asmi, N. A. T., Imanjaya, A. D., & Wati, S. E. R. (2023). Pemahaman Identifikasi Penggunaan Lahan (Landuse) Berbasis Media Geospasial “Google Earth” Untuk Penguatan Literasi Spasial Siswa SMA. KIAT Journal of Community Development, 2(2), 79-88.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “SCRIBER” Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 275-289.

Hayati, D. A. (2022, November). Penerapan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 633-651).

Hulinggi, M., & Mohamad, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), 913-920.

Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan model POE2WE pada materi teori kinetik gas: literature review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Permatasari, S. S., & Kristanto, A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan di SMAN 19 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 12(3), 1-10.

Sabirin, F., Mustofa, M., & Sulistiyarini, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran 3D untuk mata kuliah geologi dasar. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 11(1), 57-70

Saparuddin, M. I., Astutik, S., Pangastuti, E. I., Apriyanto, B., & Susiati, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Virtual Reality Berbasis Millealab Pada Materi Mitigasi Bencana Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 7(1), 93-103.

Taufan, A., Astutik, S., Mujib, M. A., Nurdin, E. A., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 133-143.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.

Zohriah, A., Faujiah, H., Adnan, A., & Nafis Badri, M. S. M. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 704–713. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4081

Downloads

Published

2025-06-01