PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS GEOGRAFI SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.50344Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis, Model Inkuiri Terbimbing, WordwallAbstract
Berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki seseorang. Survei PISA menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia mengalami penurunan. Perlu perbaikan salah satunya menerapkan model Inkuiri terbimbing. Penggunaan media akan membantu mengoptimalkan model inkuiri. Dari uraian tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan game edukasi Wordwall terhadap keterampiran berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan model Quasi Exsperiment dengan desain post-test only control group design. Lokasi penelitian adalah di SMAN 1 Badegan, Ponorogo. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian uji-T didapatkan nilai sig. 0,00 < 0,05 maka disimpulkan terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan game edukasi wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis. Hal ini di dukung nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu 78 dan 68. Sintak inkuiri terbimbing membantu siswa dalam mengembangkan berpikir kritis sehingga pada kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi. Game Wordwall yang di gunakan membantu inkuiri terbimbing mempengaruhi berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Astutik, S., Apriyanto, B., & Handayani, D. R. (2023). Pengaruh Model Self-Organized Learning Environment Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi Di Sma. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 7, 108–117.
Astutik, S., Sari, N. I., & Indrawati. (2023). Pengembangan Pembelajaran RGOSA (Reading, Giving Opinion, Observing, Searching, dan Assesing) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMP. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 246-256.
Ayu, A.D.K., Astutik. S., Kurnianto, F.A., Nurdin. E.A., Mujib. M.A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Aplikasi Tiktok tehadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, e-ISSN: 2622-125x, 7(1), 22-29
Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Edisi Revisi. Cet. 3: Jakarta, Rineka Cipta
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thingking: An Outline of Critical Thinking Dispotions and Abilities. Chicago: University of Illinois
Fadilla, R., Ulumudin, A., Wibowo, T. (2023), Penerapan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menganalisis Kebahasaan Artikel Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Semarang, Jurnal Nalar Pendidikan 11 (1).
Fajriani, G., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Evaluasi Berbasis Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Generasi Z Kelas X di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 36-42.
Fauziah. J.F., Astutik. S., Suratno, Kurnianto. F.A., Nurdin. E.A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) BerbantuanNearpod terhadap KemampuanBerpikirKritis dan Hasil Belajar Geografi SiswaSMA. Majalah Pendidikan Geografi, e-ISSN: 2622-125x, (7)1, 12-21
Fine, M. & Desmond, L. (2015). Critical Thinking and Problem-Solving for the 21st Century Learner. NYSUT’s journal of best practices in education, 8 (2).
Fitriyah, I. J., Affriyenni, Y., & Hamimi, E. (2021). Efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 122-129.
Hadiana, A., Darwan & Wahid, S. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Polynom : Journal in Mathematics Education. 3 (1).
Indawati, H., Sarwanto, S., & Sukarmin, S. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SMP. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 99-107.
Kurniawan, A., Yushardi, Susiati. A., Kurnianto. F.A., Pangastuti. E.I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Eart terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pendidikan Geografi. e-ISSN: 2622-125x, 6(2), 186-200
Meryastiti, V, Ridlo, Z.R, & Supeno (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kebupaten Banyuwangi. Jurnal FMIPA UNEJ, 24 (1), 20-29
Mukmainah, S. A., & Yonata, B. (2020). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi di SMAN 1 Rengel. UNESA Journal of Chemistry Education, 9(1), 133-139.
Noviantoro. K.M. (2020). Peranan Metode Tugas Terstruktur dalam Meningkatkan Hasil belajar Geografi. JPIPS: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, E-ISSN; 2614-5480, (6)1, 89-96
Palupi, I. D. R., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 10-20.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasisi HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang. Tira Smart
Santika, I. G. N. (2021). Grand desain kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 369-377.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Supriyatno, T., Lestari, D. A., & Utami, U. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Models for Students’ Scientific Performances and Critical Skills. Madrasah: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Dasar, 13(1), 1–14.
Thompson, F. & Washington, H.L. (2015). Critical thinking skills and teaching accounting: a comparative study. Journal of Finance and Accountancy. 19(18).
Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889-898.
Wita, S., Putri, R.E., & Tanamir, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Guide Inquiry terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS SMAN 9 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 9 (3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mahfud Nur Farid, Fahmi Arif Kurnianto, Ana Susiati, Sri Astutik, Elan Artono Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.