PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA PEAR DECK TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA

Authors

  • Zubaidah Zubaidah Pendidikan Geografi Universitas Jember
  • Fahmi Arif Kurnianto Pendidikan Geografi Universitas Jember
  • Era Iswara Pangastuti Pendidikan Geografi Universitas Jember
  • Sri Astutik Pendidikan Geografi Universitas Jember
  • Bejo Apriyanto Pendidikan Geografi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.50475

Keywords:

Student Team Achievement Divisions, Pear Deck, Kemampuan Kolaborasi, Hasil Belajar

Abstract

Model pembelajaran konvensional masih belum maksimal dalam mempengaruhi kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa, sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan Media Pear Deck Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2023/2024 yang terbagi menjadi 10 kelas dan diambil dua kelas sebagai sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan dirancang dengan posttest only kontrol group design. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji-t pada kemampuan kolaborasi diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan dari hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,006 yang artinya dibawah 0,05. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan Media Pear Deck Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustanti, R. N., Agustin, A. S., Dewi, Z. I., & Susilo, H. (2022, December). Kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa melalui model pembelajaran STAD Berbasis Lesson Study. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 8, No. 1, pp. 245-250).

Arsana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Mipa 2 Sma Negeri 1 Petang Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari, 22(2), 694-705.

Astutik, S. (2022). REQOL Model Pembelajaran Inovatif Di Luar Kelas.

Berlianti, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Sebagai Upaya Penguatan Sikap Kebhinekaan Global Di Sman 2 Kotabumi.

Durrotunisa, E., Septiani, N., & Pambudi, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 103-108).

Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21t century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.

Hasan, H. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Maros (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Hidayanti, E., & Savalas, L. R. T. (2020, September). Kemampuan Kolaborasi: Solusi Kesulitan Belajar Siswa SMA dalam Mempelajari Kimia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif (Vol. 1, No. 1, pp. 1-7)

Hidayati, N. (2019). Collaboration skill of biology students at Universitas Islam Riau, Indonesia. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(11), 208-211.

Ifa, H., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(1), 88. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.39152

Khoirunnisa, S. I., & Sudibyo, E. (2023). Profil Kemampuan Kolaborasi Siswa SMP dalam Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. ScienceEdu, 6(1), 89-97.

Maharani, N. C. (2020). Makerspace: Arsitektur Sebagai Ruang Kolaborasi Di Era Disrupsi.

Mulyani, A. S., Nurishlah, L., & Tarigan, L. F. B. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Kerja Sama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 561-568.

Ningsih, E. D. R., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4828–4838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3073

Nirmala, D. A., Aisyah, S., Maharani, T. F., & Zen, E. F. (2023, August). Penerapan Media Pear Deck Pada Kegiatan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 671-678).

Noviantoro, K. M., Kurnianto, F. A., & Apriyanto, B. (2023). Analisis Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran Geografi di SMA Zaha 1 Genggong. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(2), 218-225.

Putri, T. C., Sugiarti, Y., & Suryadi, G. G. (2021). Pengembangan media pembelajaran video praktikum untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Edufortech, 6(2).

Reni, S. A., Praherdhiono, H., & Soepriyanto, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 270–279. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p270

Robert E. Slavin. (2010) COOPERATIVE LEARNING: Teori, Riset dan Praktik Bandung: Nusa Media

Rostika, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4004041

Rosyida, B., Astutik, S., Kurnianto, F. A., Pangastuti, E. I., & Mujib, M. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 132-140.

Safitri, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Aktiva Tetap Di Kelas Akl 2 Smk Negeri 1 Surakarta.

Septarianto, M. F., Astutik, S., Kurnianto, F. A., Kantun, S., & Pangastuti, E. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 5(2), 69-81.

Sidi, P. (2020). Discoblog untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan prestasi belajar ekonomi bisnis siswa kelas X AKL 2 SMK N 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 70-82.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan ludo untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dalam pembelajaran matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130-137

Widodo, S., Jatmiko, Santia, I., & Katminingsing, Y. (2019). Pemberdayaan kemampuan kolaborasi mahasiswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division. Jurnal Math Educator Nusantara:

Downloads

Published

2025-06-10