HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN SELF EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN AFEKTIF KOLABORATIF SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Authors

  • Eka Yulia Paravita Pendidikan Geografi
  • Sri Astutik Pendidikan Geografi Universitas Jember
  • Elan Artono Nurdin Pendidikan Geografi Universitas Jember
  • Fahmi Arif Kurnianto Pendidikan Geografi Universitas Jember
  • Ana Susiati Pendidikan Geografi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.50869

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Self Efficacy, Kemampuan Afektif Kolaboratif

Abstract

Kemampuan afektif kolaboratif memiliki peranan penting dalam pembelajaran abad 21 yang mengedepankan siswa untuk mempunyai kemampuan 4C. Tercapainya kemampuan 4C diperlukan pengetahuan terkait faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan 4C salah satunya yaitu kemampuan kolaborasi siswa dalam aspek afektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan interpersonal dan self efficacy dengan kemampuan afektif kolaboratif siswa SMA pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Hasil pengujian hipotesis yakni nilai signifikansi kecerdasan interpersonal 0,07 > nilai α (0,05) dengan nilai thitung sebesar -1,844 < ttabel yakni 2,02269. Sementara, nilai signifikansi self efficacy 0,00 < nilai α (0,05), dengan nilai thitung sebesar 7,154 > ttabel yakni 2,02269. Kesimpulannya yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan kemampuan afektif kolaboratif siswa dan terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan kemampuan afeltif kolaboratif siswa SMA  pada mata pelajaran Geografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutik, S. (2022). REQOL: Model Pembelajaran Inovatif di Luar Kelas. Jember: UPT Percetakan & Penerbitan Universitas Jember.

Astutik, S., Naimah, L., & Maryani, M. (2019). Model Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Afektif Kolaboratif Ilmiah Siswa. FKIP e-Proceeding, 3(2), 65-70.

Dewi, A. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V. Skripsi.

Hadi, H. (2020).Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran Geografi Abad 21. Jurnal Genta Mulia, XI (2), 220-232

Maharani, R., Marsigit, M., & Wijaya, A. (2020). Collaborative learning with scientific approach and multiple intelligence: Its impact toward math learning achievement. The Journal of Educational Research, 113(4), 303-316.

Misbahudin, A. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Journal on Education, 1(2), 445-450.

Mukti, B., & Tentama, F. (2019, November). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 341-347).

Nuraeni, S. (2019). Hubungan self-efficacy dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Skripsi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Nurdin, E. A., E. I. Pangastuti, R. P. N. Puji, , R. A. Surya, & K. R. N. Adni. (2021). Implementation Of The Use Of Project-Based Learning Models In The Application Of Online Geography Learning Strategies. InIOP Conference Series: Earth and Environmental Science(Vol. 747, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Nurmayasari, S. A. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi BKI IAIN Palopo). Skrisi (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).

Putri, D. A. H. (2023). Hubungan Self-Efficacy, Motivasi Belajar, Keaktifan, Literasi Matematis, dan Literasi Sains terhadap Keterampilan 4C Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Rohmah, S., Surur, M., & Munawwir, Z. (2021). Hubungan kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(1), 24-30.Sutiah, D., & Pd, M. (2020). Teori belajar dan pembelajaran. NLC.

Rusmansyah, R., Yuanita, L., Ibrahim, M., Isnawati, I., & Prahani, B. K. (2019). Innovative chemistry learning model: Improving the critical thinking skill and self-efficacy of pre-service chemistry teachers. JOTSE: Journal of Technology and Science Education, 9(1), 59-76.

Sari, M. W. R., Karyati, D., & Budiman, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Ringkang: Kajian Seni Tari Dan Pendidikan Seni Tari, 1(2), 68-77.

Septarianto, M. F., Astutik, S., Kurnianto, F. A., Kantun, S., & Pangastuti, E. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 69-81.

Syurbakti, M. M. (2019). Implementasi Keterampilan Kolaborasi Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI Ipa Di Sma Negeri 1 Simpang Empat Melalui Model Pembelajaran Cooverative Learning.

Uddin, A. M., Fathoni, A., & Samsuri, M. (2022). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru di Era Industri 4.0. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(4), 455-461.

Vivi, S. (2023). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kemampuan Kolaborasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur. Skripsi.

Wadji, M., Azis, A. A., & Ngitung, R. (2018). Hubungan kecerdasan naturalistik, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA negeri di kota Makassar. Journal of Biological Education, 2(1), 13-19.

Wahyu, Y., & Nurhasanah, S. N. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. educatio, 9, 5589.

Widodo, E. R., Budiarti, M., & Lestari, S. (2022). Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 02 Manisrejo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 392-398.

Yavich, R., & Rotnitsky, I. (2020). Multiple Intelligences and Success in School Studies. International Journal of Higher Education, 9(6), 107-117

Downloads

Published

2025-06-10