PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA

Authors

  • Dinda Ayu Pramesty Universitas Jember
  • Sri Astutik Universitas Jember
  • Bejo Apriyanto Universitas Jember
  • Fahmi Arif Kurnianto Universitas Jember
  • Muhammad Asyroful Mujib Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.50946

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Video, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini ditujukan guna melihat seberapa berpengaruhnya media pembelajaran dengan basis video terhadap hasil belajar siswa terhadap para kelas X di SMA Negeri Jenggawah. Latar belakang dari penelitian kali ini adalah berkembangnya teknologi yang ada dapat mempengaruhi perubahan pada media pembelajaran sehingga ditemukan adanya pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang yang diterapkan yakni Kuantitatif dan melalui metode Quasi Experimental Design. Teknik penarikan data yang digunakan yakni observasi, angket serta dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan yakni dengan Uji Homogenitas, Uji N-Gain Score, Uji Normalitas, serta Uji T. Hasil penelitian yang didapatkan dari analisis data yaitu, terdapat pengaruh antara media pembelajaran dengan basis video terhadap hasil belajar siswa. Walaupun tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari kelas eksperimen serta kontrol, akan tetapi kelas eksperimen yang memperoleh perlakukan khusus mendapatkan nilai lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan, hal ini ditinjau dari rekap data hasil pre-test, kemudian post-test dan uji N-Gain Score.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, W., Pamungkas, D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3

Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sukodono. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 7. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727

Astutik, S., Djoko Lesmono, A., Atrasina Ludyas Adani, D., Jember, U., Djoko Lesmono Program Studi Pendidikan Fisika, A., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Atrasina Ludyas Adani Program Studi Pendidikan Fisika, D., & Keguruan dan, F. (2019). Pengaruh Model Collaborative Creativity (CC) Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF

Astutik, S., Susantini, E., Madlazim, Nur, M., & Supeno. (2020). The effectiveness of collaborative creativity learning models (CCL) on secondary schools scientific creativity skills. International Journal of Instruction, 13(3), 525–238. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13336a

Aswara, S., Amanda, F. D., & Fitriani, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Materi Tekanan Siswa SMAN 2 Sungai Penuh. Integrated Science Education Journal, 3(1), 16–23. https://doi.org/10.37251/isej.v3i1.173

Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266

Kantun, S. (2016). Seminar Nasional Pendidikan 2016 "Peran Pendidikan, Sains, dan Teknologi dalam Membangun Intelektual Bangsa dan Menjaga Budaya Nasional di Era MEA (Vol. 1).

Kurnianto, F. A., Apriyanto, B., Nurdin, E. A., & Ikhsan, F. A. (2017). Level Of Knowladge Of Senior High School Students To North Coastal Of Java Conservation. Geosfera Indonesia, 1(1), 32. https://doi.org/10.19184/geosi.v1i1.6192

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Noviantoro, K. M., Kurnianto, F. A., & Apriyanto, B. (2023). Analisis Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran Geografi di SMA Zaha 1 Genggong. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 218. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i2.44876

Supeno, Astutik, S., Bektiarso, S., Lesmono, A. D., & Nuraini, L. (2019). What can students show about higher order thinking skills in physics learning? IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012127

Turrahma, A., Satyariza, E. N., & Ibrahim, A. (2017). Pemanfaatan E-Learning Berbasis LCMS MOODLE Dalam Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Serta Kualitas Media Pembelajaran Siswa Di MAN Sakatiga. In Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika | (Vol. 6, Issue 3).

Vuspa, L. S. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTS Patra Mandiri Plaju Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Warid, T. H., Yushardi, Y., Mujib, M. A., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 175. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i2.42028

Downloads

Published

2025-06-01