PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTUAN WEBSITE QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.50988Keywords:
Berpikir Spasial, Keaktifan Belajar,Team Quiz, QuizizzAbstract
Pembelajaran pada era globalisasi menuntut siswa untuk memiliki berbagai kemampuan, salah satunya kemampuan berpikir spasial dan keaktifan belajar. Oleh karena itu di perlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir spasial dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz berbantuan website quizizz terhadap kemampuan berpikir spasial dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran geografi. Penggunaan model pembelajaran ini membuat siswa berdiskusi untuk nantinya memecahkan permasalahan yang ada dan saling memberikan arahan, lewat diskusi inilah siswa memperdalam pemahaman mereka terkait materi pembelajaran. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yang di gunakan yakni Post-Test only control group design. Hasil penelitian yang di peroleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz berbantuan website quizizz terhadap kemampuan berpikir spasial siswa yang di buktikan dengan nilai T-test 0,000 <0,5 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz berbantuan website quizizz terhadap kemampuan berpikir spasial. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz berbantuan website quizizz juga berpengaruh pada keaktifan belajar siswa yang di buktikan dengan nilai T-test 0,000 <0,5 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz berbantuan website quizizz terhadap keaktifan belajar siswa.
Downloads
References
Asiyah, S., Putri, M. K., Heldayani, E., Oktavia, M., Chairunisa, E. D., & Aryaningrum, K. (2020). Pemanfaatan Seni Kartografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sma Negeri 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 12.
Astutik, S., Mahardika, I. K., Supeno, Indrawati, & Sugianto, F. (2020). Development of reqol (real quest outdoor learning) learning model to improve critical thinking skills (criticall thinking skill) in physics education. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1).
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187.
Ifa, H., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 88.
Khusna, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Take and Give Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Xii Ipa1 Man 4 Madiun. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 68–75.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.
Noviantoro, K. M. (2020). Peranan Metode Tugas Terstruktur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(2), 89.
Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473–480.
Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452.
Salsabilla, A. D., Astutik, S., Nurdin, E. A., Kurnianto, F. A., & Mujib, M. A. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Geografi SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 157.
Yulia, D&Purnamasari, R. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 8 Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. 20(1), 105–123.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahayu Gemilang, Sri Astutik, Bejo Apriyanto, Elan Artono Nurdin, Ana Susianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.