PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDUKATIF CROSSWORD PUZZLE GAME (CPG) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN HASII BEIAJAR GEOGRAFI SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.53702Keywords:
Geografi, hasil belajar, kemampuan literasi, media crossword puzzle gameAbstract
Pembelajaran geografi merupakan ilmu yang sangat penting yang memuat pembelajaran bersifat naturalistic, yang tidak dapat dipisahkan dari bahan ajar, metode dan media yang digunakan dalam penerapannya. Minimnya variasi dalam proses pembelajaran menyebabkan kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Kurangnya strategi media dan metode pembelajaran yang kreatif dapat berdampak pada kemampuan literasi dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh media Crossword Puzzle Game (CPG) terhadap kemampuan literasi dan hasil belajar geografi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Post-test Only Control Group Design. Hasil menunjukkan nilai rata-rata Post-test pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol baik dari segi kemampuan literasi maupun hasil belajar. Analisis kemampuan literasi diukur berdasarkan tiga indikator, yakni Interaksi, Interkoneksi, dan Implikasi. Hasil rata-rata indikator kemampuan literasi menunjukkan nilai tertinggi pada kelas eksperimen yakni indikator interaksi Hasil penelitian yang didapatkan bahwasannya terdapat pengaruh signifikan pada penerapan media Crossword Puzzle Game (CPG) terhadap kemampuan literasi dan hasil belajar geografi pada siswa SMA, dengan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh Sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Kata Kunci: Geografi, Hasil Belajar, Kemampuan Literasi, Media Crossword Puzzle Game
Downloads
References
Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29–33.
Astutik, S., Banowati, E., Mujib, M. A., & Apriyanto, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Outdor Learning (COL) untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi.
Handayani, T. . (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Persebaran Biosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Ilmiah Nizamia, 04(3), 393–402.
Hardini, A. (2019). Pengaruh penggunaan crossword puzzle pada pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Herdiwati. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Crossword Puzzle untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Sosiologi. 6(1), 101–107.
Karuniawati, S., Utomo, S., Setiadi, G., & Pratama, H. (2022). The Influence of Puzzle Picture Assisted Guided Inquiry Learning Model on Learning Outcomes of Natural Sciences. 1, 37–43.
Khotimah, S. K., Prasetyo, K., & Prasetya. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Geografi pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Perdagangan Antarwilayah dan Antarnegara. 6(3), 510–519.
Prayoga, E. B., Kurnianto, F. A., Susiati, A., Astutik, S., & Mujib, M. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok Terhadap Kemampuan Literasi Geografi Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi. 6(2), 262–269.
Putri, H. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Spelling Puzzle Tehadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi.
Rahayu. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. 06, 198–203.
Restu, N. K., Sutini, A., & Dewi, D. A. (2023). Pengaruh media wordwall sebagai instrumen penilaian PPKn SD terhadap kemampuan literasi digital dan kreatifitas guru dalam mengajar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education). 06(01), 94–101.
Riyanti, N. S., Kurnianto, F. A., Apriyanto, B., Astutik, S., & Susiati, A. (2024). (2024). Pengaruh Media Lumio By Smart Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA/MA. Majalah Pembelajaran Geografi.
Rizki, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Crossword Puzzle terhadap Pemahaman Kosa Kata Biologi pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI MA Silahul Ulum (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Sari, D., & Yulisetiani, S. (2024). Effectiveness Of Interactive Digital Crossword Media For Reading Skills Comprehension Of Historical Stories. Journal of Research Administration, 6(1). Journal of Research Administration, 6, 1.
Wahyuningrat, L. P., Yushardi, Y., Nurdin, E. A., Astutik, S., & Mujib, M. A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kotak Kartu Misterius Digital (E-KOKAMI) Flashcard Quizlet Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA. 6(1), 114–131.
Yelviana, N. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran SKI DI MA Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023. Instititut Agama Islam Negeri Metro.
Yuliawati, D. (2024). The Influence Of Using Crossword Puzzle Game On The Students Reading Comprehension Of The Tenth Grade Of MAN 1 Lampung Timur (Doctoral dissertation, Instititut Agama Islam Negeri Metro).
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohammad farid Hidayatulloh, Fahmi Arif Kurnianto, Ana Susiati, Sri astutik, Era Iswara Pangastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.