EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK KOLABORATIF ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DI MA BAITURRAHMAN BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i1.53707Keywords:
Model Pembelajaran Kolaboratif Online, Pendidikan Geografi, Keterampilan Kolaborasi, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis proyek kolaboratif online terhadap pemahaman konsep geografi dan keterampilan kolaborasi siswa kelas XI IPS di MA Baiturrahman Banyuwangi. Penelitian menggunakan desain true experimental dengan pre-test and post-test control group design. Sampel penelitian terdiri dari 76 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (n=40) dan kelompok kontrol (n=36) melalui cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman konsep geografi dan kuesioner keterampilan kolaborasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji-t independen setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek kolaboratif online efektif meningkatkan pemahaman konsep geografi dan keterampilan kolaborasi siswa. Terdapat perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen untuk kedua variabel tersebut (p < 0.001). Mekanisme efektivitas model ini didukung oleh prinsip-prinsip konstruktivisme, belajar sosial, dan saling ketergantungan. Siswa terlibat aktif dalam proyek, berinteraksi dan berkolaborasi secara online, serta memiliki fleksibilitas dalam mengakses sumber belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi unik dengan meneliti konteks pendidikan geografi di Indonesia dan mengukur keterampilan kolaborasi secara langsung. Implikasi penelitian ini adalah guru geografi dapat mengadopsi model pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sekolah dapat memberikan dukungan dalam implementasi model ini. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan terkait ukuran sampel, konteks penelitian, dan durasi intervensi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengatasi keterbatasan ini. Model pembelajaran berbasis proyek kolaboratif online menjanjikan untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi dan keterampilan kolaborasi siswa, namun implementasinya perlu disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan siswa.
Downloads
References
Amin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), 25–36.
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Macmillan. https://scholar.google.com/scholar?cluster=11067049747101608509&hl=en&oi=scholarr
Bandura, A. (2001). Social cognitive theory: An agentic perspective. Annual Review of Psychology, 52(1), 1–26.
Buckingham, E. (1915). Model experiments and the forms of empirical equations. Journal of Fluids Engineering, 37, 263–292.
Chandra, D., Wilis, R., Frananda, H., Rahmi, L., Arif, D. A., Wijayanto, B., & Putra, A. (2019). Pembuatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Geografi. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 211–221.
Cresswell, M. J. (2016). Logics and languages. Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781315542652/logics-languages-cresswell
Cresswell, T. (2014). Place: An introduction. John Wiley & Sons. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=6OJvBAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR9&dq=cresswell&ots=eAHlKSJsMc&sig=3xRV5VJODsGA_54V-2QreR4eOCM
Lasaiba, M. A., & Lasaiba, D. (2022). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar geografi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9827–9839.
Meta Analisis: Model Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Di Indonesia, 11 Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 275 (2023). https://journal.ummat.ac.id/index.php/geography/article/view/15710/0
Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model pembelajaran EarthComm pada mata pelajaran geografi: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510.
Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, M., & Fikri, M. J. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Pada Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 19(1), 113–127.
Slavin, R. E., & Madden, N. A. (2021). Student team learning and success for all: A personal history and overview. In Pioneering perspectives in cooperative learning (pp. 128–145). Routledge. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781003106760-6/student-team-learning-success-robert-slavin-nancy-madden
Suharwati, S. I., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Sma [PhD Thesis, State University of Malang]. https://www.neliti.com/publications/211315/pengaruh-model-pembelajaran-resource-based-learning-terhadap-minat-dan-hasil-bel
Taher, A., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Geografi [PhD Thesis, State University of Malang]. https://www.neliti.com/publications/484225/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-group-investigation-terhadap-hasil-b
Triani, W., Zulkarnain, Z., & Utami, R. K. S. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi. Jurnal Penelitian Geografi (JPG), 3(6). https://jips.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/10445
Vygotsky, L. S. (2024a). The Dynamics and Structure of the Adolescent Personality. In L. S. Vygotsky, L. S. Vygotsky’s Pedological Works, Volume 4 (Vol. 12, pp. 335–360). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-97-1537-4_16
Vygotsky, L. S. (2024b). The Social Behavior of the Adolescent. In L. S. Vygotsky, L. S. Vygotsky’s Pedological Works, Volume 4 (Vol. 12, pp. 313–320). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-97-1537-4_14
Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi pada Siswa SMA [PhD Thesis, State University of Malang]. https://www.neliti.com/publications/487333/pengaruh-model-pembelajaran-problem-based-learning-terhadap-kemampuan-memecahkan
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Rizqon Al Musafiri, Anyes Lathifatul Insaniyah, Nian Sanjaya Agustin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.