Pengaruh Model Creative Outdoor Learning (COL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.19184/pgeo.v8i2.53744Keywords:
Berpikir Kreatif, Geografi, Model Pembelajaran Creative Outdoor LearningAbstract
Model pembelajaran konvensional terbukti masih belum maksimal sehingga dibutuhkan solusi menggunakan model Creative Outdoor Learning (COL). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari model Creative Outdoor Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan posttest only control group design. Hasil rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi (74,92) daripada kelas kontrol (56,31) dengan indikator paling tinggi adalah fluency. Hal ini dipengaruhi adanya interaksi antar anggota kelompok dalam menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Creative Outdoor Learning (COL) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan diketahui nilai independent sample t-tes <0,05 yakni sebesar 0,000 sementara kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M. & Kurniasari, E. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka.
Astutik, S., Banowati, E., Mujib, M. A., & Apriyanto, B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Outdoor Learning (COL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 7(2), 1-11.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.
Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.
Evayani, N. L. P. (2020). Implementasi model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(3), 391-400.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.
Haerunisa, H., Prasetyaningsih, P., & ... (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Tema Air dan Pelestarian Lingkungan. Edumaspul: Jurnal, 5(1), 299–308. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1199
Hafiza, H., Hairida, H., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Ulfah, M. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 9 Pontianak Pada Materi Sistem Koloid. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4681-4693.
Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 44-58.
Izzati, H., & Sukardi, S. (2023). Implementasi Model Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 271-276.
Karlina, C. M., Susilowati, E., & Fakhrudin, I. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran STEM-PJBL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Negeri 1 Slogohimo Wonogiri di Era Pandemi pada Materi Hidrosfer. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1), 33-41.
Kirana, N. C., Anggraeni, S., & Diana, S. (2021). Pengaruh implementasi community of inquiry menggunakan LINE terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA pada materi energi terbarukan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 24-31.
Kusuma, Y. Y. (2021). Teori & Konsep Pedagogik. Bandung: Insania.
Magdalena, I., Saridevita, A., Novyanti, A., & Destiyantari, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Mengimplementasikan model PAIKEM pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDIT Tiara Aksara. BINTANG, 3(2), 244-259.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
McRae, E., & Johnson, T. (2020). The Role of Outdoor Learning in the Development of Critical Thinking and Problem-Solving Skills. International Journal of Outdoor and Environmental Education, 24(1), 35-50.
Mulyono, M., Ardiansyah, A. S., Fariz, R., & Khoirunnisa, K. (2020). Prespektif Gender terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Blended Learning berbantu Google Classrooms. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 245-255.
Musdalifa, M., Ramdani, R., & Danial, M. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 21(1), 59-69.
Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, M., & Fikri, M. J. N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Pada Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 19(1), 113-127.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Pane, R. N. P. S., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 173-180.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif. Pensa; e-jurnal pendidikan sains, 9(2), 242-246
Rabbani, A. R., Artayasa, I. P., & Raksun, A. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Dengan Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Labuapi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1297-1306.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “ Merdeka Belajar dalam menyambut Era Masyarakat 5.0”.
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172-185.
Saputra, J., Triyogo, A., & Frima, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5133-5141.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Supiati, S. E. S., & Sugandi, M. K. (2022, October). Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 247-254).
Susilawati, S. A., & Sochiba, S. L. (2022). Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 27(1), 51-62.
Sulistyo, W. D. (2019). Study on Historical Sites: Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai sumber pembelajaran berbasis outdoor Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 124-135.
Wasa, M. E., Sulistyo, S., & Afian, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(2).
Zumratul, T., Ermiana, I., & Tahir, M. (2023). Pengaruh Penggunaan LKPD Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa.Journal of Classroom Action Research, 5(2), 143-148.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rakhmawati Oktasenta Syafira BJO APRIYANTO, Sri Astutik, Muhammad Asyroful Mujib, Fahmi Arif Kurnianto, Ana Susiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
